Tips Hebat Menentukan Harga Sewa Rumah Yang Bersaing

Tips menentukan harga sewa rumah yang mampu bersaing adalah sebuah cara yang digunakan dalam semua transaksi jual beli, apapun itu untuk menentukan harga jual adalah salah satu aspek yang tersulit dan dapat dibandingkan dengan berbagai kesulitan ketika membuat produk dengan sebaik-baiknya agar mampu menarik minat dari banyak konsumen.

Tips Hebat Menentukan Harga Sewa Rumah Yang Bersaing

Harga yang tidak tepat terkadang bias membuat segmen pasar yang sudah ditargetkan menjadi salah akibatnya target dari pasar pun menjadi salah sampai barang tersebut sulit untuk dijual. Sama halnya dengan penentuan harga dari transaksi jual beli, transaksi sewa menyewa juga harus menentukan harga yang paling tepat. Apalagi untuk transaksi sewa menyewa rumah.

Untuk mendapatkan harga yang tepat maka diperlukan adanya perhatian yang lebih khusus. Apabila hal ini merupakan kali pertama bagi Anda, maka selain Anda dapat belajar sendiri. Anda bisa mencoba untuk meminta bimbingan dari orang yang sering menyewakan rumahnya sebagai tambahan referensi untuk tips dan trik yang dapat Anda lakukan untuk menentukan harga sewa rumah yang paling tepat untuk rumah yang akan Anda sewakan.

Berikut adalah beberapa cara menentukan harga sewa rumah yang mampu bersaing

1. Mencari Tipe Rumah Dan Meniru Modifikasi Harga Yang Ditawarkan

Cara yang dapat dibilang paling mudah dilakukan untuk menentukan harga sewa rumah yang mampu bersaing dengan harga di pasaran adalah dapat dilakukan dengan cara mencari berbeapa tipe rumah yang disewakan dan memiliki bentuk yang hampir sama.

Apabila Anda sudah mendapatkan jenis tipe rumah yang sama maka selanjutnya dapat meniru atau memodifikasi harga yang ada sesuai dengan keadaan dan spesifikasi yang bisa Anda tentukan sendiri.

Dengan seperti ini maka harga sewa yang Anda tawarkan kepada para calon konsumen tidak terpaut jauh dari harga di pasara. Karena pada dasarnya kebanyakan konsumen terutama mengenai soal properti sangat sensitif terhadap harga dari properti tersebut.

Harga properti yang relative sangat mahal menjadikan beberapa konsumen mengalami beberapa pertimbangan. Bahkan hanya berbeda sedikit saja akan selalu mereka pertimbangkan. Apalagi yang bedanya mencapai beberapa juta, tidak lagi hanya ratus ribu lagi. Hasrat untuk Ingin mendapat keuntungan adalah hal yang sah-sah saja, namun apabila tidak masuk akal dengan apa yang ada pada keadaan maka sewa rumah Anda tidak laku.

2. Masukan Biaya-biaya Lain Yang Telah Dikeluarkan

Cara kedua yang dapat dilakukan agar bias mendapatkan harga sewa rumah yang sesuai dengan harga di pasaran adalah jangan pernah lupa untuk memasukkan biaya-biaya lain yang sudah dikeluarkan untuk memperbaiki rumah yang akan dikontrakkan.

Anda harus menghitung keseluruhan dari biaya yang dikeluarkan tersebut agar Anda tidak akan mendapatkan kerugian.

Jelaskan mengenai keadaan yang sebenarnya kepada para konsumen Anda. Beritahu juga bahwa rumah yang Anda sewakan baru saja mengalami modifikasi yaitu dengan dicat, ditambah interior serta penambahan fungsi lainnya sehingga membuat harga dari sewa lebih naik daripada harga sewa sebelumnya ditawarkan.

Anda juga dapat menambah berbagai biaya lain apabila di rumah yang disewakan tersebut memiliki beberapa fasilitas rumah yang dapat digunakan konsumen. Misalkan fitur AC, kasur, lemari dan perlengkapan rumah lainnya.

Selalu pisahkan perhitungan ini, karena apabila konsumen tidak membutuhkan barang-barang yang tersedia maka harga harus dikurangi. Tunjukan mengenai rincian khusus kepada konsumen agar konsumen lebih percaya karena dianggap Anda transparan terhadap konsumennya.

3. Pertimbangkan Antara Pro Dan Kontra

Selain dua cara di atas, Anda juga wajib mempertimbangkan antara pro dan kontra dari lingkungan tempat tinggal rumah yang disewakan. Apabila properti yang ada berada di dekat terminal atau pusat transportasi, anda pun boleh memasukkan faktor ini saat menentukan dan mempertimbangkan harga sewa property.

Anda juga memerlukan mempertimbangkan mengenai hal-hal kecil yang awalnya dianggap sepele,

Misalkan mengenai hal kebisingan dari jalan raya, atau apakah tetangga-tetangga sekitar rumah yang akan telah bersikap bersikap ramah kepada penyewa. Dengan ini penyewa mungkin ingin membahas permasalahan yang ada dengan pemilik property rumah sewaan.

Selanjutnya, masuk ke dalam masalah dari harga sewa. Biasanya, properti terutama rumah tinggal sangat bergantung pada harga properti atau nilai properti rumah tinggal yang bersangkutan.

Harga sewa dari penyewaan properti rumah sewaan secara umum berkisar pada angka kisaran 3-5 % per tahun dari nilai properti yang bersangkutan. Jadi apabila Anda memiliki rumah di daerah Depok senilai Rp 276 juta, maka harga sewa yang wajar untuk setiap tahunnya berkisar antara Rp 8,2 juta sampai dengan Rp 13,8 juta.

4. Bandingkan Dengan Harga Sewa Ruko Dan Apartemen

Meskipun tingkat harga sewa rumah tinggal tergolong masuk pada tingkat yang rendah apabila dibanding harga sewa ruko dan apartemen tapi berinvestasi dengan membeli rumah tinggal tetap menjadi hal yang menarik yang dapat dilakukan.

Karena keuntungan atas peningkatan harga jual properti rumah tinggal relatif sangat tinggi, Bahkan rata-rata bisa mencapai angka 10-15 % per tahun asalkan lokasi hunian berada pada kawasan-kawasan perumahan yang saat ini sedang berkembang.

5. Gunakan Rumus Sederhana Menghitung Harga Sewa

Menurut seorang pakar properti untuk menentukan harga sewa ini dengan menggunakan cara atau rumus sederhana dalam menghitung harga dari sewa properti hunian. Dalam hal ini cara menghitung sederhana dapat diterapkan pada properti berupa rumah tinggal.

Berikut adalah bentuk umum dari rumus tersebut.

Harga sewa (Rp)/Tahun = Harga Properti x Cap Rate (%)

Sebagai informasi diketahui, nilai capitalization rate rumah rata-rata berkisar antara 3% hingga 5%, bergantung pada kondisi properti, lokasi, dan hal lain-lain.

Contoh Perhitungan pada penerapan sewa hunian rumah adalah sebagai berikut

Rumah dengan nilai seharga Rp. 500 juta yang nilai capitalization rate 3% sampai dengan 5%, maka harga sewanya adalah sebagai berikut

Harga sewa (Rp) per tahun = 5% x Rp. 500 Juta = Rp. 25 juta per tahun atau berkisar antara Rp2 juta/bulan.

Berdasarkan beberapa cara untuk menentukan harga dari sewa rumah, maka Anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan harga yang mampu bersaing dengan harga yang ada di pasaran. Dengan harga yang lebih murah maka akan besar kemungkinan bahwa usaha ini akan mendatangkan banyak konsumen.