Keuntungan Jual Beli Ruko Serta Kelemahannya yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Membeli

Ruko alias rumah toko memang kini menjadi salah satu jenis bangunan yang paling banyak dicari atau mulai dibangun karena dianggap bisa menjadi solusi tersendiri. Ya, tak semua orang yang ingin berbisnis memiliki cukup lahan jika harus memisahkan tempat tinggal dan tempat usahanya.

Keuntungan Jual Beli Ruko serta kelemahannya yang wajib Anda ketahui sebelum membeli

Oleh karena itu, jangan heran jika keuntungan jual beli ruko juga akan semakin besar saja, bak bagi Anda yang akan menjualnya, atau bagi Anda yang akan membelinya. Saat ini, banyak orang yang sengaja menjadi agen penjualan ruko, untuk mempermudah penjual mendapatkan pembeli, dan tentu saja mendapatkan keuntungan jual beli ruko.

Anda sebagai seorang pemilik ruko atau agen penjualan ruko, dapat meyakinkan calon pembeli Anda dengan beberapa keuntungan jika membeli ruko berikut ini.

1. Jangka Waktu Ruko yang Bisa Lebih Lama

Jika biasanya rumah hanya disewakan per tahunya saja, maka ruko bisa disewakan hingga 2 sampai 3 tahun. Bagi mereka yang menjalankan usaha, waktu 2 tahun biasanya masih belum memberikan keuntungan yang terlalu besar sehingga pelaku usaha akan memutuskan untuk memperpanjang penyewaan ruko tersebut.

Itu artinya, jika seseorang membeli ruko yang Anda jual, maka pembeli tersebut bisa mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit pula dalam waktu beberapa tahun saja. Keuntungan jual beli ruko yang pertama ini biasanya sudah cukup bisa membuat calon pembeli tertarik.

2. Permintaan Ruko yang Sangat Tinggi

Seseorang membeli ruko biasanya lebih banyak untuk disewakan kembali, bukan untuk ditempati sendiri. Jika ruko yang akan dijual kebetulan berada ditempat strategis dan pusat bisnis, maka jangan takut bahwa nantinya ruko akan sulit untuk menemukan penyewanya.

Hal ini bisa Anda buktikan ketika lewat atau berjalan-jalan ditempat pusat bisnis, dimana tidak ada ruko yang dipasangi label disewakan, karena memang semuanya sudah diisi oleh para pelaku bisnis. Keuntungan jual beli ruko yang satu ini juga biasanya akan langsung menjerat pembeli tanpa berpikir 2 kali.

3. Return of Investmment Berjalan sangat Cepat

Anda tentu sudah tahu benar bahwa tarif sewa sebuah ruko biasanya berkisar antara 6 hingga 9% dari harga ruko. Hal ini membuktikan bahwa dalam satu tahun saja Anda sudah bisa hampir mengembalikan dana investasi ruko tersebut.

Hal ini jauh lebih menjanjikan dibandingkan dengan rumah, dimana biasanya membutuhkan waktu yang jauh lebih lama.

Jika Anda ingin terus menggeluti bisnis ini, maka tidak sampai 2 tahun Anda sudah bisa membeli ruko lainnya untuk disewakan kembali.

Bukankan keuntungan jual beli ruko yang ketiga ini merupakan salah satu keuntungan yang paling fenomenal?

4. Bisa Digunakan Untuk Bisnis dan Tempat Tinggal

Seperti namanya, jika seorang pembeli lebih berniat untuk menggunakan sendiri ruko ini, maka ia tidak lagi perlu mencari tempat tinggal, karena disinilah ia bisa tinggal sekaligus melakukan bisnis.

Melakukan bisnis dengan cara ini tentu saja jauh lebih mudah, karena Anda tidak perlu berangkat pagi-pagi dan pulang pada malam hari, Anda juga bisa mengecek selalu keadaan dari bisnis Anda.

Keuntungan jual beli ruko yang keempat ini bisa Anda tekankan berkali-kali kepada calon pembeli, sehingga mereka bisa yakin benar bahwa membeli ruko dari Anda merupakan pilihan yang sangat tepat.

5. Daya Investasi yang Tinggi

Membeli ruko, menggunakannya sendiri dalam jangka waktu tertentu, lalu kemudian menjualnya lagi ketika bisa membuatnya berharga lebih mahal juga tidak ada salahnya.

Ya, Anda sebagai calon pembeli juga bisa menjadikan ruko sebagai investasi untuk beberapa tahun yang akan datang.

Jika memikirkan keuntungan jual beli ruko yang satu ini, memang rasanya sulit untuk menolak membeli ruko ketika waktunya sudah dirasa tepat. Dimana Anda sebagai pembeli juga bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu tidak terlalu lagi.

Setelah mengetahui beberapa keuntungan jual beli ruko tadi, Anda sebagai calon pembeli ruko juga sebaiknya mengetahui beberapa kelemahannya.

Beberapa kelemahan tersebut ialah

1. Sangat tergantung dengan letaknya

Ruko memang merupakan properti komersial, dimana faktor lokasi akan sangat mempengaruhi harga maupun kelancaran dari bisnis yang akan dilakukan di ruko tersebut.

Jika terletak pada lokasi menjanjikan, maka harga dan nilai investasi ruko juga ikut tinggi, dan begitu juga sebaliknya.

2. Cukup sensitif dengan kondisi dan perkembangan pasar

Karena dari awal sudah dimaksudkan untuk berbisnis, maka ruko juga akan sensitif dengan kondisi dan perkembangan pasar.

Ketika kondisi pasar sedang stabil dan membaik, maka orang seakan berlomba untuk menyewa atau membeli ruko bahkan dengan harga yang cukup mahal, namun jika sedang anjlok, harga sewa atau harga beli juga akan ikut turun drastis.

3. Rasa nyaman yang kurang untuk penghuni

Karena mencari lokasi strategis dan berada langsung di atas tempat bisnis, maka tentu saja privasi dan kenyamanan seorang penghuni akan berkurang. Namun hal ini seharusnya masih bisa diakali dengan berbagai cara.

Nah, kerugian dan keuntungan jual beli ruko tadi semoga saja bisa membuat Anda memiliki pertimbangan yang matang ketika akan menjual dan membeli sebuah ruko.