Kerugian Jual Beli Properti Yang Harus Anda Pertimbangkan Agar Dapat Untung Yang Berlipat

Investasi dan jual beli properti merupakan salah satu bisnis yang cukup banyak diminati selain investasi saham. Terlebih di negara berkembang seperti Indonesia ini, pada sektor pembangunan properti sedang gencar dilakukan untuk mendukung laju perekonomian di kemudian hari.

Kerugian Jual Beli Properti Yang Harus Anda Pertimbangkan Agar Dapat Untung Yang Berlipat

Sehingga banyak wilayah di Indonesia terutama kota besar dilakukan pembangunan properti seperti perumahan, rumah sakit, apartemen, ruko, perkantoran, bahkan supermarket sekalipun.

Hal ini didukung dengan berubahnya gaya hidup masyarakat yang semakin modern, sehingga kebutuhan dan keinginan akan fasilitas-fasilitas semakin berubah. Jual beli properti pun menjadi bisnis yang cukup menarik dan menggiurkan.

Namun, dibalik itu ada kerugian jual beli properti yang harus anda ketahui sebelum terjun kedalam bisnis ini. Sebab tidak ada investasi dan bisnis yang sempurna.

Informasi mengenai beberapa kerugian jual beli properti berikut ini akan semakin membuat Anda waspada sehingga Anda dapat menerapkan strategi yang tepat dalam menghadapinya:

1. Biaya perawatan yang mahal.

Beda halnya jika Anda berinvestasi tanah maupun emas yang tidak memerlukan perawatan. Dalam investasi properti Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan perawatan.

Hal ini sangat perlu dilakukan agar kualitas properti yang anda miliki akan tetap terjaga. Jika tidak dilakukan perawatan maka akan mengakibatkan turunnya harga properti anda. Tentu saja hal ini akan menyebabkan kerugian jual beli properti.

2. Memerlukan modal yang besar.

Sebanding dengan untung yang berlipat dalam jual beli properti. Bisnis ini merupakan bisnis yang padat modal.

Artinya modal yang jumlahnya besar sangat diperlukan. Seperti yang anda tahu, semakin besar keuntungan yang didapatkan proporsional dengan besarnya modal yang anda keluarkan.

3. Perhatikan affordability investment atau isu keterjangkauan investasi.

Kerugian jual beli properti selanjutnya adalah harga yang ditetapkan oleh sifat dari pasar lokal. Artinya faktor yang harus dipertimbangkan dalam bisnis dan investasi properti adalah faktor tempat.

Sebab, pemilihan tempat yang tepat sangat berpengaruh terhadap harga properti yang anda miliki. Jangan sampai anda salah menentukan tempat dalam investasi properti. Pilihan lokasi yang tidak strategis, selain sepi peminat.

Juga, akan mengakibatkan cenderung lambatnya kenaikan harga yang Anda peroleh.

4. Biaya transaksi yang tinggi.

Biaya dalam transaksi jual beli properti terkenal tinggi. Ini disebabkan karena dalam transaksinya saja sudah dikenakan pajak. Pajak tersebut berupa PPH yaitu sebesar 5% untuk penjual dan BPHTB yaitu sebesar 5% juga yang dikenakan kepada pembeli.

5. Tidak likuid.

Waktu untuk menjual maupun membeli properti tidak sebentar. Sebab, ada banyak hal yang harus diurus dalam transaksinya seperti kelengkapan surat, legalitas tanah, belum lagi proses dalam mengecek lokasi dan kualitas properti.

Sehingga akan membutuhkan waktu yang lama dalam menjual maupun membelinya. Jika Anda menginginkan bisnis yang menghasilkan keuntungan dalam waktu yang singkat, maka jual beli properti sangat tidak cocok untuk Anda.

6. Kualitas properti yang menurun.

Seperti halnya dalam perawatannya, investasi properti tidak sama dengan tanah dan emas dalam hal kualitas yang terus menurun. Meskipun harga properti terbilang naik setiap tahun, namun tidak sebanding dengan kualitasnya.

Sehingga perawatan properti harus dilakukan secara intensif sehingga kualitasnya tetap terjaga dengan baik. Selain itu, pemilihan material bahan baku harus betul-betul diperhatikan. Ini adalah sebuah kerugian jual beli properti.

Sebab, Anda harus mengalkulasi kembali biaya perawatan, tingginya bahan baku dengan kualitas yang baik, serta jangka waktu yang diperlukan agar berbanding dengan keuntungan yang akan Anda peroleh.

Setelah mengetahui kerugian jual beli properti, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum berinvestasi maupun melakukan jual beli properti:

• Dalam investasi properti, Anda harus memilih lokasi yang strategis. Supaya harganya bisa cepat meningkat. Sehingga kerugian akibat biaya-biaya lain dalam investasi maupun jual beli properti dapat Anda tutupi dengan kenaikan harga yang cepat

• Anda harus mengetahui perencanaan tata kota sehingga Anda dapat menentukan lokasi properti yang sekiranya strategis dan menguntungkan.

• Sesuaikan kondisi geografis masyarakat sekitar sehingga Anda dapat menemukan kecocokan dengan sasaran atau target pasar.

• Cari informasi mengenai pertumbuhan kota. Sebab faktor ini sangat berpengaruh bagi pembangunan properti. Pertumbuhan kota yang cepat akan menyebabkan keuntungan yang Anda dapat dalam bisnis ini menjadi semakin besar.

Dalam membeli properti, Anda sebaiknya memilih properti yang masih ditawarkan. Karena pada tahap ini Anda akan mendapatkan harga yang lebih rendah dibanding properti yang telah rampung pembangunannya.

Dalam jual beli properti Anda harus mempertimbangkan banyak hal termasuk kerugiannya. Setelah mengetahui kerugian jual beli properti Anda perlu melakukan perencanaan yang matang. Anda harus mempersiapkan strategi yang dilakukan untuk mencapai keuntungan yang maksimal.